Hanya 5 Menit Untuk Membuat Hiasan Dinding Makrame Daun (Feather Leaf Macrame Wall Hanging)

Produk Hiasan Dinding Makrame Daun saat ini sedang menjadi tren, hal tersebut karena sedang tingginya minat masyarakat terhadap produk dekorasi rumah. Apakah kalian sudah tahu seperti apa itu Hiasan Dinding Makrame Daun? Hiasan Dinding Makrame Daun merupakan produk yang menerapan seni kerajinan makrame yang memiliki fungsi untuk hiasan atau dekorasi dinding yang berbentuk daun dan berumbai ditiap sisinya.

Hiasan Dinding Makrame Daun dalam bahasa inggris berarti Leaf Macrame Wall Hanging. Hiasan Dinding Makrame Daun menjadi produk yang cocok untuk dekorasi rumah kalian. Produk ini memiliki berbagai macam bentuk dan warna yang menarik. Untuk bisa mendapatkan produk ini kalian bisa menbelinya secara online ataupun beli secara offline di toko aksesoris dan juga toko dekorasi rumah. Kalian juga bisa membuat Hiasan Dinding Makrame Daun sendiri dirumah dengan bahan serta peralatan yang sederhana dan mudah didapatkan.

Produk Hiasan Dinding Makrame Daun

Kerajinan Makrame bentuk daun ini bisa di kreasikan menjadi berbagai macam produk diantaranya seperti Hiasan Dinding Makrame Daun, Hiasan gantungan Pot, Dream Cather, Gantungan Kunci, perhiasan anting, Hiasan lampu, hiasan cermin atau pengikat tirai. Kalian bisa melihat foto produknya dibawah ini.

Tutorial Membuat Hiasan Dinding Makrame Daun (Feather Leaf Macrame Wall Hanging)-11
pinterest

Pada gambar diatas Hiasan Dinding Makrame Daun dikreasikan untuk tambahan hiasan pembuatan cermin. Perpaduan yang sangat cantik antara warna tali makrame natural berbentuk daun dengan aplikasi tambahan lainnya seperti daun kering. Kalian juga bisa menambahkan aksesoris lainnya seperti payet atau mutiara imitasi, untuk menambah keunikkan cermin itu sendiri.

Tutorial Membuat Hiasan Dinding Makrame Daun (Feather Leaf Macrame Wall Hanging)-7
pinterest

Selain untuk aksesoris tambahan pembuatan cermin, Hiasan Dinding Makrame Daun juga dapat di kreasikan untuk gantungan kunci seperti pada gambar diatas. Tidak hanya untuk gantungan kunci saja lo, namun kalian juga bisa mengaplikasikannya untuk gantungan tas. Kalian bisa membuat gantungan kunci makrame berbentuk daun ini dengan perpaduan berbagai macam warna tali seperti pada gambar diatas atau kalian juga bisa membuatnya hanya dengan satu warna saja, semua itu kembali pada selera masing-masing.

Tutorial Membuat Hiasan Dinding Makrame Daun (Feather Leaf Macrame Wall Hanging)-6
pinterest

Bila biasanya Hiasan Dinding Makrame Daun ini lebih sering digunakan untuk produk dekorasi rumah, ternyata juga bisa digunakan untuk produk aksesoris wanita seperti anting. Pada gambar diatas, Hiasan Dinding Makrame Daun diaplikasikan untuk produk anting dengan tambahan pengait serta manik-manik lainnya. Bila ingin membuat anting menggunakan seni kerajinan makrame seperti pada gambar diatas, lebih baik kalian memilih material talinya yang halus, lembut dan ringan seperti benang wol. Jika kalian memakai benang yang ringan, maka kalian juga akan merasa ringan saat memakai antingnya.

Tutorial Membuat Hiasan Dinding Makrame Daun (Feather Leaf Macrame Wall Hanging)-4
pinterest

Kalian bisa mengkreasikan Hiasan Dinding Makrame Daun untuk membuat Hiasan Lampu seperti pada gambar diatas. Hiasan lampu dari makrame berbentuk daun ini bisa kalian buat dengan menumpuknya menjadi satu dan menempelnya pada kap lampu. Hiasan Lampu Makrame berbentuk daun ini sangat cocok untuk di aplikasikan pada dekorasi rumah kalian. Untuk produk Hiasan Dinding Makrame Daun lainnya, kalian bisa melihatnya pada foto dibawah ini. Foto dibawah ini saya mendapatkannya di pinterest.

Bila kalian tertarik untuk memiliki beberapa produk Hiasan Dinding Makrame Daun seperti pada gambar diatas, kalian bisa membuatnya sendiri dirumah. Pada artikel kali ini saya akan berbagi mengenai bagaimana cara membuat kerajinan makrame berbentuk daun. Caranya cukup mudah dan untuk peralatan yang dibutuhkan juga sangat mudah didapatkan. Apa saja alat serta bahan yang dibutuhkan untuk membuat Hiasan Dinding Makrame Daun? Yuk, langsung intip saja infonya dibawah ini.

Peralatan Membuat Hiasan Dinding Makrame Daun

  1. Tali (Bisa menggunakan tali jenis, warna dan ukuran apa saja sesuai dengan kebutuhan masing-masing).
  2. Gunting (Digunakan untuk memotong tali).
  3. Tongkat Kayu (Untuk mengaitkan tali saat proses membuat kerajinan), atau juga bisa diganti dengan jarum pentul atau tongkat besi/ logam. Bila kalian tidak membutuhkan tongkat kayu maka tidak perlu menggunakannya.
  4. Sisir (untuk membuat rumbai pada tali).
  5. Hair Spray (Bertujuan agar tali menjadi kaku dan tetap berbentuk daun).
Tutorial Membuat Hiasan Dinding Makrame Daun (Feather Leaf Macrame Wall Hanging)-13
pinterest

Gambar Tutorial Membuat Hiasan Dinding Makrame Daun

Dibawah ini saya memberikan 2 cara untuk Membuat Hiasan Dinding Makrame Daun. Kalian bisa mencoba belajar dengan melihat melalui gambar atau bisa juga dengan video yang tertera dibawah ini. Foto gambar dibawah ini saya dapatkan dari pinterest begitu juga dengan videonya.

1. Potong tali untuk dijadikan tali utama/ tali tengah dengan ukuran kira-kira 40 cm, lipat tali menjadi dua dan letakkan tali dengan lingkaran di atas (lihat gambar dibawah ini). Kalian bisa memotong tali dengan ukuran panjang sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing.

Tutorial Membuat Hiasan Dinding Makrame Daun (Feather Leaf Macrame Wall Hanging)-14
pinterest

2. Potong Tali lagi dengan ukuran kira-kira panjang 25 cm sebanyak 16 buah untuk di letakkan di samping sebagai rumbai/ bulunya. Sekarang ambil satu tali dan lipat menjadi dua. Letakkan tali di bawah tali utama, dengan lingkaran di kiri. Ambil tali potongan lainnya dan lipat menjadi dua. Sekarang letakkan tali di atas tali utama, dan letakkan di atas tali pertama, dengan lingkaran di kanan. Bisa lihat gambar dibawah ini.

3. Lakukan Satu per satu pada tali yang lain, masukkan ujung setiap bagian melalui tali utama yang lain. Untuk melakukan ini, masukkan ujung potongan atas (di kiri) ke bawah melalui lingkaran di bawahnya. Kemudian masukkan ujung bagian bawah (di kanan) ke atas melalui lingkaran di bagian atas. Tarik benang dengan kencang, sehingga Anda telah membuat simpul kuat yang bagus pada tali utama.

Tutorial Membuat Hiasan Dinding Makrame Daun (Feather Leaf Macrame Wall Hanging)-18
pinterest

4. Ulangi simpul ini dengan sisa 14 potong tali yang lain agar menjadi genap 8 baris.

Tutorial Membuat Hiasan Dinding Makrame Daun (Feather Leaf Macrame Wall Hanging)-19
pinterest

5. Bukalah lapisan pada tiap tali dan urailah lapisan tersebut hingga menjadi rumbai. Bentuklah tali yang sudah terurai tadi menjadi bentuk daun. Kemudian sikatlah rumbai tali dengan sikat rambut (sisir).

Tutorial Membuat Hiasan Dinding Makrame Daun (Feather Leaf Macrame Wall Hanging)-20
pinterest

6. Gunakan gunting untuk memotong tali menjadi bentuk daun.

Tutorial Membuat Hiasan Dinding Makrame Daun (Feather Leaf Macrame Wall Hanging)-21
pinterest

7. Semprotkan hair spray pada setiap sisi tali dan biarkan mengering. Hal ini bertujuan untuk membantunya menjaga bentuk tali agar tetap berbentuk daun saat akan digantung di dinding.

Tutorial Membuat Hiasan Dinding Makrame Daun (Feather Leaf Macrame Wall Hanging)-23
pinterest

Video Tutorial Membuat Hiasan Dinding Makrame Daun

Bila tutorial Membuat Hiasan Dinding Makrame Daun (Feather Leaf Macrame Wall Hanging) dengan menggunakan gambar dirasa susah untuk dipahami, kalian bisa mencoba melihat tutorialnya lewat video dibawah ini

Itulah tutorial Untuk Membuat Hiasan Dinding Makrame Daun (Feather Leaf Macrame Wall Hanging). Semoga artikel ini bisa membantu kalian semua untuk belajar membuat kerajinan makrame sendiri dirumah. Bila kalian ingin membuat kerajinan makrame bentuk lainnya, kalian bsia mencoba mendapatkan tutorialnya disini Tutorial Membuat Taplak Meja Dari Tali Makrame, atau bila kalian membutuhkan talinya, kalian bisa membelinya disini Tali Katun Macrame 3mm Kupu-Kupu untuk produk tali makrame kemasan 100 gram, atau bisa juga membeli Tali Katun Macrame 3mm Kupu-Kupu 1 Kg untuk produk tali makrame kemasan 1 kg.