Ingin Tahu 6 Cara Merawat Produk Rajut Yang Aman Dan Benar?

Bagi sebagian orang mungkin sudah tahu seperti apa produk rajutan, namun beberapa dari mereka belum mengerti bagaimana Cara Merawat Produk Rajut. Selain cara membuatnya yang membutuhkan kesabaran serta ketelitian, hasil dari produk rajutan juga memerlukan teknik yang khusus dan istimewa saat mencucinya.

Seni rajut dapat menghasilkan berbagai macam produk diantaranya baju, syal, topi, selimut, tas, bedcover, sweater, baby set, kaos kaki, masker rajut, sarung tangan, dll. Dibeberapa negara yang memiliki musim dingin atau musim salju, mereka lebih banyak menggunakan pakaian hangat dibandingkan di negara tropis. Mereka menggunakan pakaian hangat untuk menghangatkan tubuh saat musim dingin tiba. Pelajari Cara Merawat Produk Rajut agar pakaian rajut kita bisa tetap awet dipakai saat musim dingin tiba.

6 Cara Aman Mencuci Rajutan Dengan Benar-5
pinterest

Pakaian berbahan wol, thermal, dan nilon sangat cocok dipakai untuk musim dingin, karena produk ini memiliki sifat menghilangkan kelembaban serta menyerap keringat dan menguapkannya dengan cepat, sehingga dengan begitu, tubuh akan tetap merasa hangat meski udara di luar sangat dingin. Untuk produk berbahan nylon sangat cocok untuk musim dingin, karena bahan ini dapat mencegah air meresap ke dalam kulit. Bisa juga membaca Mudah Banget! Inilah 1 Tutorial Membuat Taplak Meja Dari Tali Makrame.

Selain memiliki fungsi untuk menghangatkan tubuh, produk rajutan ternyata sangat digemari oleh semua kalangan, dan juga telah menjadi tren fashion dibeberapa negara. Selain memiliki berbagai material, bentuk, dan motif yang bervariasi, produk rajutan juga dapat menampilkan wanita terlihat lebih modis, cantik khususnya untuk produk pakaian, Produk rajutan juga menjadi salah satu pakaian idaman, karena produknya yang nyaman untuk digunakan menjelang musim penghujan seperti sekarang ini, untuk itu sobat wajib tahu bagaimana Cara Merawat Produk Rajut Yang Aman Dan Benar.

6 Cara Aman Mencuci Rajutan Dengan Benar-2
pinterest

Meskipun pakaian rajutan memiliki banyak kelebihan, namun produk ini juga memerlukan perawatan yang khusus. Pakaian rajutan akan terlihat cantik dan elegan saat digunakan satu hingga dua kali, namun, bila dipakai terus menerus dan tidak dirawat dengan baik, produk rajutan akan terlihat lusuh dan rusak. Apakah sobat semua sudah tahu bagaimana Cara Merawat Produk Rajut Yang Aman Dan Benar?

Berikut ini 6 Cara Merawat Produk Rajut Dengan Benar agar bahan rajut tetap awet dan nyaman saat digunakan:

Cara Mencuci

Hal pertama yang perlu kita perhatikan Cara Merawat Produk Rajut Yang Aman Dan Benar yaitu cara mencucinya. Cucilah produk rajutan dengan cara manual atau dikucek dengan tangan dan jangan menggunakan mesin cuci. Meskipun mencuci menggunakan mesin tentu lebih mudah dan dapat meringkas waktu, namun hal ini sangat tidak direkomendasikan untuk produk dengan berbahan rajutan, karena memiliki resiko besar yaitu produk rajutan dapat mudah berbulu, menjadi melar, atau bahkan bisa menyusut menjadi ukuran yang lebih kecil dari ukuran sebelumnya.

6 Cara Aman Mencuci Rajutan Dengan Benar-1
pinterest

Jangan mencuci produk rajutan dengan air panas terutama untuk produk rajutan berbahan wol. Cucilah rajutan dengan air dingin agar produk tetap awet, warna tidak luntur, tidak melar dan tidak merusak serat pakaian. Tips aman mencuci rajutan berbahan wol yaitu jangan membiarkan air mengalir secara langsung ke wol karena dapat membuat serat wol menjadi kusut.

Pastikan juga untuk memisahkan produk berbahan rajut dengan produk berbahan lainnya sebelum mencuci. Sebenarnya, untuk produk berbahan rajut tidak perlu terlalu sering dicuci, karena akan membuat produk rajutan menjadi berubah teksturnya dan cepat rusak.

6 Cara Aman Mencuci Rajutan Dengan Benar-6
pinterest

Memilih Sabun Cuci

Untuk cara yang ke 2 Cara Merawat Produk Rajut Yang Aman Dan Benar yaitu pemilihan sabun cuci yang tepat. Sangat disarankan sekali untuk memilih sabun cuci dan pelembut pakaian yang tepat saat mencuci produk berbahan rajutan, tanpa harus merusak bahan rajutan itu sendiri. Gunakanlah deterjen cair karena jenis deterjen tersebut tidak terlalu keras dan panas baik ditangan ataupun di pakaian, atau bisa juga menggunakan sabun mandi/ deterjen khusus baby.

6 Cara Aman Mencuci Rajutan Dengan Benar-3
pinterest

Deterjen sendiri biasanya mengandung berbagai macam bahan yang membantu mengeluarkan kotoran membandel dari pakaian yang sangat kotor, namun sekaligus juga membuat air cucian menjadi larutan alkalin. Larutan alkalin ini dapat mempengaruhi warna pakaian rajut, sehingga warna akan cepat memudar atau luntur, terutama pada larutan dengan dosis tinggi, larutan alkalin ini bahkan dapat merusak serat dasar pada produk rajutan hingga struktur keseluruhan melemah dan mudah rusak, selain itu juga produk rajutan akan mudah usang dan terasa kurangan nyaman saat dipakai.

6 Cara Aman Mencuci Rajutan Dengan Benar-6
pinterest

Bila ingin lebih aman bisa menggunakan bahan alami seperti biji lerak. Lerak atau rerek atau dikenal juga sebagai lamuran atau CIU adalah sejenis tumbuhan yang dikenal karena kegunaan bijinya yang bisa dipakai sebagai deterjen tradisional. Produk Rajutan dan juga Batik biasanya dianjurkan untuk dicuci menggunakan lerak karena dianggap sebagai bahan pencuci alami yang paling sesuai untuk menjaga kualitasnya.

Cara mencuci dengan biji lerak untuk pakaian rajutan cukup mudah, letakkan lerak di ember yang berisi air, lalu masukan produk batik atau rajutan dan diamkan 15-30 menit atau hingga berbusa. Setelah itu kucek pakaian dengan lembut dan membilasnya dengan air. Biji lerak ini bisa dibeli di beberapa toko online seperti di shopee atau juga dibeberapa toko offline seperti di toko batik. Dengan menggunakan lerak menjadi alternatif terbaik kita tahu Cara Merawat Produk Rajut dengan baik dan benar.

Cara Membilas Dan Mengeringkan

Setelah rajutan dicuci dengan tangan dan menggunakan deterjen yang tepat, hal lain yang perlu diperhatikan ke 3 Cara Merawat Produk Rajut Yang Aman Dan Benar yaitu dengan cara membilasnya dengan lembut dan mengeringkannya dengan cara yang tepat. Jangan lupa juga untuk menggunakan air dengan suhu yang sama seperti saat mencucinya. Kita harus meremasnya dengan lembut untuk mengeluarkan semua airnya.

6 Cara Aman Mencuci Rajutan Dengan Benar-8
pinterest

Jangan mengeringkan rajutan dengan memerasnya menggunakan mesin cuci. Hal tersebut tidak disarankan untuk rajutan karena rajutan memiliki serat yang halus terutama untuk produk wol dan sebagai gantinya, sobat bisa menggulungnya ke dalam handuk dan remas dengan lembut untuk mengeluarkan air sebanyak mungkin.

Cara Menjemur

Selain perihal cara mencuci, ada hal lain juga yang gak kalah penting untuk diperhatikan Cara Merawat Produk Rajut Dengan Benar yaitu cara menjemurnya. Untuk produk berbahan rajut tidak disarankan untuk menjemur dengan cara digantung, hal tersebut dapat membuat bagian pada bahu pakaian menjadi turun dan melar, cara yang tepat yaitu dengan diangin-anginkan dengan cara meletakkan pada alas yang datar.

6 Cara Aman Mencuci Rajutan Dengan Benar-4
pinterest

Sebaiknya kita kita pelajari Cara Merawat Produk Rajut dengan benar dengan cara tidak menjemur produk rajut pada sinar matahari langsung. Cukup dengan cara menjemurnya di tempat yang terbuka namun cukup angin, agar rajutan bisa kering tetapi warna tidak luntur dan pudar.

Cara Menyetrika Rajutan

Untuk cara yang ke 5 Cara Merawat Produk Rajut Yang Aman Dan Benar yaitu cara menyetrikanya. Untuk pakaian berbahan rajut, kita harus memperlakukannya sedikit istimewa, dibandingkan dengan pakaian berbahan lain seperti katun, atau jeans. Hal tersebut karena bahan rajut memiliki serat yang halus, dan ada beberapa pakaian rajut yang tidak perlu disetrika seperti pakaian berbahan wol. Gunakanlah setrika uap untuk produk pakaian berbahan rajut atau jika tidak ada, kalian bisa menggunakan alternatif lain dengan meletakkan kain diatas pakaian rajut lalu setrika dengan lembut dan pelan.

6 Cara Aman Mencuci Rajutan Dengan Benar-9
pinterest

Jangan lupa juga untuk menggunakan suhu yang tidak terlalu panas, karena suhu yang panas dapat membuat baju menjadi rusak, warnanya cepat pudar dan baju rajutan menyusut. Bila ingin memindahkan pakaian saat menyetrika, angkat dan letakkan setrika pada pakaian rajut dan bukan didorong. Selain itu juga jangan menyetrika pakaian rajut yang masih basah. Tunggulah sampai kering atau hampir kering, karena itu dapat membuat warna pakaian jadi pudar.

Cara Menyimpan Baju Rajutan

Hal terakhir yang perlu diperhatikan Cara Merawat Produk Rajut Yang Aman Dan Benar adalah saat menyimpannya. Bila ingin produk rajutan kalian tetap awet, hindari cara menyimpan pakaian rajut dengan digantung. Lipatlah pakaian dengan rapi dan letakkan didalam lemari. Pilihlah lemari yang tidak lembab agar pakaian rajut dan pakaian lainnya tidak berbau apek dan tidak jamuran.

 

6 Cara Aman Mencuci Rajutan Dengan Benar-10
pinterest

Itulah beberapa Cara Merawat Produk Rajut yang aman dengan benar. Semoga artikel ini bisa membantu sobat semua dalam mengamankan dan merawat produk rajut dengan baik. Selain itu sobat juga bisa mencari tahu tentang ilmu merajut lainnya di artikel berikut ini Inilah 5 Perbedaan Knit dan Crochet Yang Wajib Kalian Tahu! Bila saat ini kalian sedang membutuhkan alat dan material untuk merajut kalian bisa mendapatkan produk rajutannya disini gohanan