Bagi sebagian orang yang suka merajut, mereka belum tentu tahu Apa Perbedaan Knit dan Crochet. Padahal hal tersebut adalah ilmu dasar yang wajib kita ketahui sebelum memulai merajut, agar sobat tidak salah saat membeli material ataupun alat yang akan digunakan untuk membuat project.

Di Indonesia sendiri ternyata masih banyak lo yang belum bisa membedakan, bahkan banyak yang tidak tahu Perbedaan Knit dan Crochet. Terkadang, beberapa dari mereka salah dalam menamai barang yang dia maksud, terutama mereka yang belum pernah merajut sama sekali.

Kesenian merajut sendiri ternyata diminati oleh semua kalangan baik tua, muda, perempuan, maupun laki-laki. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari merajut, diantaranya melatih konsentrasi, melatih kesabaran, mengasah jiwa seni, sampai memperoleh keuntungan finansial. Selain itu, produk rajutan juga semakin diminati, bahkan beberapa merek rajutan buatan Indonesia sudah ada yang merambah hingga ke pasar internasional.

Pada dasarnya crochet dan knitting sama-sama disebut merajut, sedangkan untuk hasil merajutnya disebut dengan rajutan. Meski sama-sama bisa memakai material yang sama untuk membuat project, tapi alat dan teknik yang digunakan antara knit dan crochet sangatlah berbeda.Sampai disini sudah ada yang mengerti Perbedaan Knit dan Crochet? Sebelum membuat kerajinan dengan benang, ada baiknya kita pelajari dulu apa Perbedaan Knit dan Crochet.

Knit

Perbedaan Knit dan Crochet-Knit tools 3
pinterest

Perbedaan Knit dan Crochet menurut pengertiannya. Dalam terjemahan bahasa Indonesia kata knit atau biasa disebut dengan knitting berarti merajut dan menggunakan material benang sebagai medianya.

Perbedaan Knit dan Crochet Knit tools 2
pinterest

Perbedaan Knit dan Crochet berdasarkan alat yang digunakan. Untuk knitting menggunakan alat yang lebih panjang yang berujung runcing tanpa kait dan menggunakan minimal sepasang knitting needle/ breien.

Perbedaan Knit dan Crochet Knit tools 7
pinterest

Knitting needle terbuat dari berbagai macam material seperti dari bambu, aluminium, atau plastik.

Perbedaan Knit dan Crochet Knit tools 1
pinterest

Jenis knitting needle

  1. Single Pointed Needle (SPN), biasanya digunakan untuk rajutan yang berbentuk lurus seperti untuk syal.
  2. Double Pointed Needle (DPN), biasanya digunakan untuk rajutan yang melingkar dalam ukuran kecil seperti untuk bros.
  3. Circular needle, biasanya digunakan untuk rajutan melingkar yang besar, seperti untuk sweater dan topi,

Meskipun menggunakan media yang sama yaitu benang, namun Knit dan Crochet memiliki teknik yang sangat berbeda, pada knitting memakai teknik dengan istilah yaitu K, P, YO, dan karena tekniknya berbeda, maka rajutan yang dihasilkan pun berbeda. Untuk hasil rajutan knitting akan terasa lebih luwes dan lentur, dan sangat cocok untuk produk rajutan wearable seperti sweater, selimut, bedcover dan beanie hat.

 

Crochet

Perbedaan Knit dan Crochet berdasarkan pengertiannya. Sedangkan untuk crochet, dalam bahasa Indonesia memiliki arti merenda, dan menggunakan media yang sama dengan knit yaitu benang.

Perbedaan Knit dan Crochet-Crochet tools 6
pinterest

Untuk crochet menggunakan alat yang biasa disebut hook/ hakpen/ hakken

Perbedaan Knit dan Crochet berdasarkan alat yang digunakan. Alat ini memiliki bentuk seperti jarum dengan ujung yang melengkung dan memiliki fungsi untuk mengait benang. Selain itu, alat rajut crochet terdiri dari berbagai macam material mulai dari bambu, aluminium, atau plastik dan memiliki hasil yang lebih padat dan tebal dibandingkan hasil knitting, hal tersebut disebabkan karena benang yang dililitkan dan dikait lebih banyak.

Sedangkan untuk jenis crochet biasanya digunakan untuk membuat tas atau dompet, dan biasanya menggunakan istilah ch, dc, sc saat membaca pola project.

Kesimpulan 5 Perbedaan Knit dan Crochet

1. Dari Arti bahasanya, knit berarti merajut, sedangkan crochet berarti merenda.

2. Alat yang digunakan, Knit menggunakan alat lebih panjang, runcing dan tidak berkait, sedangkan crochet menggunakan alat yang melengkung diujungnya.

3. Teknik yang digunakan, knit menggunakan istilah yaitu K, P, YO, sedangkan crochet menggunakan istilah istilah ch, dc, sc.

4. Fungsi yang digunakan, knit biasanya digunakan untuk proyek wearable yang cenderung halus dan lemas, sedangkan untuk crochet kebalikannya kurang cocok untuk produk wearable, meskipun kadang kali ada yang menggunakan teknik crochet untuk membuat proyek wearable, tapi hasil akhirnya akan berbeda.

5. Hasil proyek yang akan dihasilkan, Teknik knit akan menghasilkan proyek yang lebih halus dan rapat, sedangan crochet hasilnya cenderung kurang halus dan terlihat jelas bahwa itu produk handmade.

Perbedaan Knit dan Crochet
pinterest

Sekarang sudah tahu kan Perbedaan Knit dan Crochet? Nah, mana yang lebih mudah dipahami dan dipelajari menurut sobat semua? Namun, semua itu kembali lagi kepada selera masing-masing, karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada sebagian orang lebih suka menggunakan teknik knit, namun ada pula yang lebih suka menggunakan crochet. Tergantung pada niat dan kenyamanan masing-masing orang, tapi tidak ada salahnya bila kita mempelajari keduanya karena akan membantu sekali saat kita mendapatkan proyek.

Semoga membantu ya artikelnya, kalau kalian ingin mendapatkan info Perbedaan Knit dan Crochet yang lebih lengkap dan mendetail bisa mencarinya di mesin pencarian google. Oh ya, jangan lupa juga untuk belajar mengenai Tutorial Membuat Taplak Meja Dari Tali Makrame, siapa tahu bisa untuk menambah ilmu merajut sobat semua.

Bila ingin belajar Knit kalian bisa mendapatkan materialnya berupa benang di sini Benang Rajut Soft Katun United Medium Ply sedangkan untuk crochet kalian bisa mendapatkan materialnya disini Benang Rajut Polyester Union D30 Kilap.